PENINGKATAN KAPASITAS /BIMTEK APARATUR DAN LEMBAGA DESA HAURPUGUR TAHUN 2019

Akon Maulana | 24 Juni 2019 14:18:36 | Berita Desa | 168 Kali

Menjadi desa yang maju dan berkembang merupakan cita-cita yang terus diupayakan untuk dapat dikabulkan, pun cita-cita menjadi desa swasembada bukan hal muluk untuk di raih dengan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas yang berdasarkan asas falsafah sunda “Paheuyeuk-heuyek Leungen Paantay-antay Tangan, Sareundeuk Saigel Sabobot Sapihanean”.

Akan tetapi untuk mencapai tujuan desa swasembada perlulah didukung dengan fasilitas yang memadai, bukan hanya fasilitas berupa banguna fisik saja, pembangunan non fisik yakni peningkatan sumber daya manuisia pun wajib untuk dilakukan sebagai aspek penunjang yang penting. Menyadari hal tersebut maka desa Haurpugur melakakukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui sarana bimbingan teknis yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan semua aspek pendukung berjalan pemerintahan desa Haurpugur. Yang menjadi sasaran dan peserta bimtek ini bukan hanya aparatur desa saja, melainkan semua lembaga yang berada dan bernaung di desa haurpugur, termasuk BPD, LPMD, Karang Taruna, PKK, BUMDes, serata Puskesos. Kelemahan mendasar yang menyebabkan kurang berkembangnya potensi desa saat ini dikarenakan terbatasnya kapasitas aparatur dan lembga yang mengelola pemerintahan desa, karena itu bimtek ini tentunya menjadi sangat penting artinya dalam mengembangkan kapasitas perangkat dan lembaga desa.

Materi bimtek yakni tentang penyusunan dan perencanaan pembanguna desa jangka menengah (RPJMDes) untuk massa program kerja 6 tahun serta rencana kerja permerintahan desa (RKPDes) yang merupakan turunan atau skala prioritas dari RPJMDes yang memiliki massa program kerja selama 1 tahun penuh. Adapun pembiayaan pelaksanaan bimtek bersumber dari Dana Desa tahap I (satu) T.A. 2019.

Wildan (Kasie Pelayanan) menjelaskan, Peningkatan SDM melalui bimbingan teknis serta pendampingan merupakan kebutuhan perangkat desa seiring perubahan paradigma penyelenggaraan di pemerintahan desa, disamping itu banyak perangkat desa yang baru diangkat dengan latar belakang pendidikan yang bervariatif.

"Sehingga memang perlu adanya pelatihan atau pun bimtek ini, dan diharapkan keberlanjutannya kepada semua perangkat dan lembaga yang berada di haurpugur sesuai tugas dan tanggungjawab pemerintahan desa yang terus meningkat," katanya.

Diakui Wildan, pelatihan dan Bimtek bagi perangkat desa sudah sesuai amanat Permendagri 83 tahun 2015, bahwa Perangkat Desa dan staf Perangkat Desa yang telah diangkat dengan Keputusan Kepala Desa wajib mengikuti pelatihan awal masa tugas dan program-program pelatihan yang dilaksanakan oleh Pemerintah, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan Pemerintah Desa. 

"Dengan meningkatnya kualitas kapasitas pemerintahan desa,  tentunya diharapkan  dapat memberikan peluang yang besar bagi terlaksananya pembangunan desa secara efektif dan efesien”, tungkas wildan.

Ditemui di tempat yang sama, Dadang Kusmana selaku Sekertaris desa Haurpugur  menambahkan, suatu kemustahilan program-program pembangunan yang dilaksanakan di desa dapat terlaksana dengan baik, tanpa dibarengi dengan pembangunan SDM. Apalagi, di masa sekarang aturan-aturan desa yang dibuat pemerintah terus berubah-ubah dan belum seluruhnya diterbitkan pemerintah.

"Oleh karenanya , diharapkan  melalui  adanya Bimtek aparatur dan lembaga desa, harus terus dilakukan secara berkala layaknya kepada PNS atau karyawan swasta agar ke depan aparatur dan lembaga desa mampu meningkatkan kinerja, disiplin, kemampuan manajerial dan profesional," tegasnya.

Menutup pembicaraannya, Dadang Kusmana berharap agar para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga wawasan dan pengetahuannya sebagai perangkat dan lembaga desa semakin baik, dan pada akhirnya dapat menerapkannya dalam tugas dan fungsinya sebagai pelayanan masyarakat. (Akon)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Peta Desa

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Desa Haurpugur Kecamatan Rancaekek - Bandung 40394
Desa : Haurpugur
Kecamatan : Rancaekek
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40394
Telepon : 081214642257
Email : pemerintahdesahaurpugur@gmail.com

Sinergi Program

KEMENDES
DPMD KAB BANDUNG DPMD PROV JABAR
KAB BANDUNG PROFIL KEPALA DESA PROV JABAR
KECAMATAN RANCAEKEK
DISKOMINFO
E-LAPOR JABAR QUICK RESPONE
SENSUS PENDUDUK 2020

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Agenda

Belum ada agenda

Info Media Sosial

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

CUACA

booked.net

JADWAL SHOLAT


jadwal-sholat